Selamat datang Para Pecinta Rasulullah Saw

Cintailah ahlul baitku karena kecintaan kalian padaku...semoga kita semua dikumpulkan bersama Rasulullah SAW dan ahlul baitnya kelak di surga Allah SWT, amin

Selasa, 24 Juni 2008

batasan sholat jamak , karena hujan?

batasan sholat jamak , karena hujan?

--------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan :
bagaimana batasan seorang imam menjamak sholat ketika turun hujan, apakah setiap ada air yang turun dari langit maka boleh menjamaknya? , ataukah air itu harus membasahi pakaian?

pati
Jawaban :
Batas sholat jama'
Alhamdulillah, wasshalaatu wassalaamu 'alaa rasulillah wa ba'du :
Ulama berselisih pendapat dalam menentukan hujan yang dibolehkan menjama' shalat kepada dua pendapat :
Pertama mereka pengakatan ketentuannya adalah semata-mata turun hujan, maksud hujan adalah setiap air yang turun dilangit yang sebut hujan.
Kedua, hujan yang bisa menyulitkan orang yang akan melakukan shalat. Ukuran menyulitkan itu kembali kepada ufr (kebiasaaan) masyarakat.
Kemudian ulama juga berbeda pendapat tentang apakah menjamak shalat itu hanya pada malam hari yakni shalat maghrib dan isya atau berlaku pada siang hari??
Yang jelas dari dua pendapat di atas adalah pendapat kedua, yaitu yang mengatakan ukuran hujan itu apabila menyulitkan orang yang akan melakukan shalat. Syeikh Ibu Utsaimin berkata di kitabnya Al Syarh Al Mumti' jilid 4 hal : 555 : "Apabila terdapat hujan yang membasahi pakaian disebabkan turunnya sangat deras sekali, maka boleh menjama' sholat maghrib dan isya, tapi apaabila hujannya sedikit tidak membasahi pakaian, maka tidak boleh menjama', karena hujan semacam ini tidak mendatangkan kesulitan kepada orang melakukan shalat berjamaah, lain halnya dengan hujan yang membasahi pakaian, apa lagi pada musim dingin, maka terdapat kesulitan dari segi basahnya pakaian dan dari segi suhu dingin apalagi kalau seandainya terdapat angin, maka bertambahlah kesulitannya."
Dan yang diketahui dari perbuatan raasulullah dan para sahabatnya bahwasanya kadang-kadang mereka menjamak shalat saat turun hujan, dan bukan tidak pernah menjamak setiap turun hujan, bahkan tidak pernah dinukil darinya. Wallahu 'alam.


--------------------------------------------------------------------------------

1 komentar:

aris mengatakan...

Bagaimana jikalau rumahnya bersebelahan dengan masjid, apakah ketika hujan boleh menjamaknya. ( mas shihab. Jelobo klaten indonesia )