Selamat datang Para Pecinta Rasulullah Saw

Cintailah ahlul baitku karena kecintaan kalian padaku...semoga kita semua dikumpulkan bersama Rasulullah SAW dan ahlul baitnya kelak di surga Allah SWT, amin

Jumat, 05 September 2008

Hukum Cincin

Assalamualaikum ya habib

Saya ingin tanya tentang sunnah memakai cincin perak. Saya ingin mengikuti sunnah nabi yang mulia ini, dan saya harap pak habib boleh menjelaskan tentang perkara ini. Adakah dikira kita mengikut sunnah jika kita memakai cincin perak tanpa batu? Bagaimana pula cincin yang dipakai oleh Habib Umar dan Habib sendiri? Saya pernah menemui Habib Umar dan beliau memakai cincin yang ada batu di jari kelingkingnya. Apakah jenis batu itu?

Saya sungguh ingin untuk mengikuti sunnah nabi dan contoh hamba-hamba Allah yang soleh ini.

Dan saya ingin mengambil kesempatan ini until meminta ijazah dzikir-dzikir dari habib. Khususnya dzikir subhanallahi wa bihamdih X100, ratib haddad, al-attas, wirid latif, dan shalawat yang habib dawamkan X5000 itu. Adakah shalawat tersebut sama dengan shalawat di dalam wirid latif itu? (Allahumma solli ala sayyidina muhammadin wa alihi wa sallim)

Saya juga biasa mendawamkan shalwat lafaz 'Sholaallahu ala muhammad' setiap hari. seperti dikemukakan di kita Afdholus Salat ala sayyidis sadat. tetapi saya membaca dari kitab Nasaaih Diniyyah tentang shalawat, katanya jika tiada disertai shalawat untuk keluarga baginda s.a.w., shalawat itu dianggap tidak sempurna, atau 'kontot'. Apakah pendapat habib?

Jazakallahu khair ya habib. Maaf jika soalan-soalan saya ini membuang masa habib.

Jawaban

Alaikumsalam warahmatullah wabaraktuh,

Saudaraku, berikut jawaban Habibana yang sudah ada di forum mengenai cincin perak untuk laki - laki :

Alaikumsalam warahmatullah wabaraktuh,

Kebahagiaan dan Kesejukan rohani semoga selalu menghiasi hari hari anda,

Saudariku yg kumuliakan,
1. belasan hadits riwayat shahih Bukhari dan Shahih Muslim yg menjelaskan bahwa Nabi saw memakai cincin perak, dan beliau saw memakainya di kelingkingnya, demikian pula para sahabat menggunakannya, dan menggunakan cincin perak bagi pria hukumnya sunnah, yg diharamkan bagi pria adalah cincin emas.

2. tak ada hadits menyebutkannya, namun telah sepakat para ulama dan Muhadditsin bahwa yg diharamkan bagi pria adalah emas, dan emas dalam bahasa Arab adalah Dzahab, dan Dzahab adalah emas yg berwarna kuning

mengenai emas putih maka pria boleh memakainya, sebab bukan Dzahab dalam pengertian syariah yaitu emas kuning.

demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

wallahu a'lam

Berikut Linknya :
http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=5377〈=id#5377

2. menggunakan cincin adalah sunnah Rasul saw, berpuluh puluh hadits shahih dalam shahih Bukhari, Muslim, Tirmidzi dll menjelaskan hal itu, sebagaimana diriwayatkan bahwa Cincin Rasul saw itu terbuat dari perak, dan Rasul saw memakai cincin di tangan kanannya, dalam riwayat Imam Tirmidzi juga dijelaskan bahwa Cincin itu kemudian dipakai oleh Abubakar Asshiddiq ra, lalu kemudian dipakai Umar ra, lalu ketangan Usman bin Affan ra, lalu terjatuh ke sumur Aris (Assyama?il Imam Tirmidziy hadits no.95)
Pula riwayat lain bahwa Rasul saw memakai cincin terbuat dari perak di jari kelingking beliau saw (Shahih Muslim hadits no.2095),
Rasul saw memakai cincin di kelingkingnya (Shahih Bukhari hadits no.5536)
Rasul saw melarang menggunakan cincin di jari tengah dan telunjuk (Shahih Muslim hadits no.2078),
berkata Anas ra : ?bahwasanya cincin Rasul saw ditanganku, lalu setelahku dipakai oleh Abubakar, dan setelah dari tangan Abubakar ra pada tangan Umar, lalu pada tangan Usman, dan terjatuh di sumur Aris, hingga tiga hari kami mencarinya dan kami tak menemukannya? (Shahih Bukhari hadits no.5540).

Berikut Linknya :
http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=819〈=id#819

Tidak ada komentar: